Program ini bertujuan untuk menghasilkan guru-guru madrasah ibtidaiyah yang profesional, inovatif, dan berkarakter Islami. Mahasiswa akan mempelajari strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum, serta penguasaan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Program ini juga mengintegrasikan pendekatan Islami dalam setiap aspek pembelajaran.

Visi

Mengembangkan ilmu pendidikan dasar yang unggul dan mendunia berbasis siber dengan mengintegrasikan nilai-nilai Moderasi Islam.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang mengintegrasikan ilmu pendidikan dasar, nilai-nilai moderasi Islam, dan teknologi berbasis pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian pada bidang pendidikan dasar yang berorientasi pada integrasi ilmu pengetahuan dan menyebarluaskan hasil penelitian pada skala nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi hasil penelitian di bidang pendidikan dasar melalui pembinaan dan kemitraan dengan lembaga pendidikan dasar di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas lulusan jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang profesional dan berdaya saing.
Tujuan
  1. Menghasilkan calon pendidik pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar yang memiliki kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional untuk bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn yang unggul dan mendunia berbasis siber dengan mengintegrasikan nilai-nilai Moderasi Islam.
  2. Menghasilkan pengembang media pembelajaran di MI/SD yang menguasai perangkat lunak media pembelajaran digital yang unggul dan mendunia berbasis siber dengan mengintegrasikan nilai-nilai Moderasi Islam.
  3. Menghasilkan Asisten peneliti pada pendidikan dasar yang menguasai metodologi penelitian dan publikasi ilmiah yang unggul dan mendunia berbasis siber dengan mengintegrasikan nilai-nilai Moderasi Islam.

Cirebon Studies 2 SKS
Filsafat Ilmu 2 SKS
Ilmu Pendidikan Islam 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 1 0 SKS
Metode Studi Islam 3 SKS
Pancasila 2 SKS
Pendidikan Kewarganegaraan 2 SKS
Pendidikan Multi Kultural (Moderasi Beragama) 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 1 0 SKS
Studi Al-Qur'an 2 SKS
Studi Hadits 2 SKS
Ushul al-Tarbiyah 2 SKS

Bahasa Arab 3 SKS
Bahasa Indonesia 2 SKS
Cyber Culture 2 SKS
Filsafat Pendidikan Islam 2 SKS
Kajian IPA MI/SD 2 SKS
Kajian IPS MI/SD 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 2 0 SKS
Kajian Matematika MI/SD 2 SKS
Praktikum Qiro'ah dan Tahfidz 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 2 0 SKS
Psikologi Pembelajaran 2 SKS
Seni Budaya dan Keterampilan 2 SKS

Administrasi Sekolah 2 SKS
Apresiasi Sastra di MI/SD 2 SKS
Bahasa Inggris 3 SKS
Evaluasi Pembelajaran di MI/SD 2 SKS
Kajian IPA Lanjut MI/SD 2 SKS
Kajian IPS Lanjut MI/SD 2 SKS
Kajian Matematika Lanjut MI/SD 2 SKS
Perencanaan Pembelajaran di MI/SD 2 SKS
Praktik Ibadah 1 0 SKS
Seni Drama & Tari (sendratari Jawa Barat) 2 SKS
Strategi Pembelajaran di MI/SD 2 SKS
Telaah Kurikulum di MI/SD 3 SKS

Etika Profesi Keguruan 2 SKS
Pembelajaran Akidah Akhlaq di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran Al- Qur`an Dan Hadits di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran Bahasa Arab di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran Bahasa Inggris di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran IPA di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran Matematika di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran PKn di MI/SD 2 SKS
Pendidikan Jasmani, Olahraga, & Kesehatan di MI/SD 2 SKS
Pengembangan Media Pembelajaran di MI/SD 2 SKS
Perkembangan Peserta Didik di MI/SD 2 SKS
Praktik Ibadah 2 0 SKS

Bimbingan dan Konseling 2 SKS
Keterampilan Berbahasa 2 SKS
Metodologi Penelitian 3 SKS
Pembelajaran Fiqh di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran IPS di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI/SD 2 SKS
Pembelajaran TIK di MI/SD 2 SKS
Pendidikan Kepramukaan 2 SKS
Pendidikan Lingkungan Hidup & Teknologi Masyarakat 2 SKS
Pengembangan Bahan Ajar Digital 2 SKS
Statistika 3 SKS

Bimbingan Penulisan Proposal Skripsi 2 SKS
Edupreneurship 2 SKS
Isu-Isu Pendidikan Dasar 2 SKS
Konsep dan Metode PTK 2 SKS
Kuliah Kerja Nyata 3 SKS
Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah 2 SKS
Micro Teaching 2 SKS
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 2 SKS
Pengembangan Instrumen Penelitian di MI/SD 2 SKS
Pengembangan STEM di MI/SD 2 SKS
Teknik Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah 2 SKS

PLP (Magang) 4 SKS

Skripsi 6 SKS
Profil Lulusan
Lulusan Program Studi PGMI memiliki peluang karier yang luas, di antaranya:
  1. Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD)
    Sebagai pendidik profesional yang mampu mengelola proses pembelajaran di kelas secara efektif, kreatif, dan berakhlak.
  2. Pengembang Media dan Bahan Ajar Anak Usia Sekolah Dasar
    Menyusun perangkat ajar dan media edukatif berbasis teknologi dan karakter Islam.
  3. Fasilitator Pendidikan Anak Usia Dasar
    Menjadi pendamping atau trainer untuk pelatihan guru, pengasuh anak, atau kegiatan pendidikan berbasis komunitas.
  4. Edupreneur (Wirausahawan di Bidang Pendidikan Dasar)
    Mendirikan atau mengelola lembaga pendidikan informal seperti bimbingan belajar, rumah tahfidz, atau taman bacaan anak.
  5. Asisten Peneliti di Bidang Pendidikan Dasar
    Terlibat dalam proyek riset atau studi pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, dan inovasi pendidikan dasar.
  6. Konsultan Pendidikan
    Memberikan pendampingan atau masukan kepada lembaga MI/SD dalam pengembangan mutu pembelajaran dan manajemen kelas.
Terakreditasi
Unggul
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
S.Pd. (Sarjana Pendidikan)
Masa Studi
4 Tahun (8 Semester)
Jumlah SKS
144
Pimpinan Prodi:
Ketua
Dr. Ahmad Arifuddin, M.Pd
Sekretaris
Idah Faridah Laily, M.Pd