Program Pendidikan Jarak Jauh ini memungkinkan mahasiswa belajar dari mana saja dengan fleksibilitas waktu yang tinggi. Kurikulum tetap menjaga kualitas akademik dengan materi ajar yang setara dengan program reguler, mencakup strategi pembelajaran PAI, metodologi riset, dan pengembangan kurikulum. Mahasiswa dilatih untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran PAI secara efektif. Program ini sangat cocok bagi guru, dosen, atau praktisi pendidikan yang tidak dapat mengikuti perkuliahan tatap muka. Lulusan diharapkan menjadi inovator dalam dunia pendidikan Islam digital dan mampu menghasilkan karya ilmiah yang relevan dengan tantangan zaman.

Visi

Menjadi program magister Pendidikan Agama Islam berbasis pendidikan jarak jauh yang unggul dalam inovasi, inklusivitas, dan berdaya saing global pada tahun 2030.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan magister berbasis digital yang inovatif, inklusif, dan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritas, serta adaptif terhadap perkembangan teknologi dan dinamika pendidikan Islam.
  2. Mengembangkan riset dan publikasi akademik yang berkontribusi pada keilmuan dan kebijakan pendidikan Islam dengan pendekatan interdisipliner serta pemanfaatan teknologi digital.
  3. Mengabdi kepada masyarakat melalui pengembangan dan penerapan inovasi pendidikan Islam berbasis digital guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan literasi keagamaan di era digital.
  4. Mewujudkan tata kelola program studi yang profesional, transparan, dan berbasis teknologi dengan membangun jejaring kolaboratif bersama institusi pendidikan, lembaga riset, dan industri edutech nasional maupun global.

Filsafat Ilmu dan Metode Berpikir 2 SKS
Pendekatan Studi Islam 3 SKS
Pengembangan Metodologi PAI 3 SKS
Sejarah Intelektual Pendidikan Islam 3 SKS
Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam 3 SKS
Studi Teks Bahasa Arab (Pendidikan) 2 SKS
Studi Teks Bahasa Inggris (Pendidikan) 2 SKS
Tafsir dan Hadis Tarbawi 3 SKS

Filsafat Pendidikan Islam 3 SKS
Kajian Kurikulum PAI 3 SKS
Metode Penelitian Kualitatif 2 SKS
Metode Penelitian Kuantitatif 2 SKS
Metode Pengembangan Keberagamaan 2 SKS
Model-model Pembelajaran 3 SKS
Seminar Proposal Tesis 3 SKS
Sosiologi Pendidikan 3 SKS

Evaluasi Pendidikan 3 SKS
Manajemen Branding dan Digital Marketing Pendidikan 3 SKS
Manajemen Mutu Pendidikan 3 SKS
Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam 3 SKS
Politik Hukum Pendidikan Islam 3 SKS
Psikologi Perkembangan Peserta Didik 3 SKS
Strategi dan Inovasi Pembelajaran Digital 3 SKS

Tesis 6 SKS
Profil Lulusan
Pendidik dalam Bidang PAI
Lulusan mampu berperan dalam:
  1. Mengajar dan membimbing peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam secara kontekstual.
  2. Mengembangkan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta didik.
  3. Menjadi teladan dalam sikap, perilaku, dan spiritualitas Islam bagi peserta didik dan lingkungan sekitar.

Peneliti dalam Ilmu Pendidikan Islam
Lulusan mampu berperan dalam:
  1. Melakukan penelitian ilmiah untuk mengembangkan teori dan praktik Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan perkembangan zaman.
  2. Mengkaji permasalahan dalam pendidikan Islam serta memberikan solusi berbasis riset yang aplikatif.
  3. Mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal akademik, seminar, dan forum ilmiah untuk memperkaya khazanah ilmu Pendidikan Islam.

Pemimpin dan Pengelola Pendidikan Islam
Lulusan mampu berperan dalam:
  1. Mengelola lembaga pendidikan Islam dengan prinsip kepemimpinan yang berbasis nilai-nilai Islam dan manajemen modern.
  2. Mengembangkan kebijakan dan strategi pendidikan Islam yang efektif dan berkelanjutan.
  3. Membangun sinergi dengan berbagai pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di berbagai level.

Konsultan dan Fasilitator Pendidikan Islam
Lulusan mampu berperan dalam:
  1. Memberikan konsultasi dalam pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, dan evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam.
  2. Membantu guru dan tenaga pendidik dalam meningkatkan kompetensi profesional mereka melalui pelatihan dan pendampingan.
  3. Menyediakan solusi terhadap permasalahan pendidikan Islam di berbagai institusi berdasarkan kajian ilmiah dan pengalaman praktik.

Pengembang Media dan Teknologi Pembelajaran PAI
Lulusan mampu berperan dalam:
  1. Mendesain dan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital yang interaktif dan inovatif untuk Pendidikan Agama Islam.
  2. Mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran PAI guna meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.
  3. Melakukan riset dan evaluasi terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pengajaran.
Terakreditasi
Baik
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
M.Pd. (Magister Pendidikan)
Masa Studi
2 Tahun (4 Semester)
Jumlah SKS
56
Pimpinan Prodi:
Ketua
Dr. Moh. Ali, M.Pd.I.
Sekretaris
Dr. Ade Hidayat, S.Fil., M.Pd.