Program ini dirancang untuk menghasilkan pendidik yang kompeten dalam pengajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan berbasis nilai-nilai Islam. Mahasiswa akan mendalami berbagai aspek bahasa Inggris, seperti tata bahasa, keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari metode pengajaran modern yang berorientasi pada pengembangan kemampuan komunikasi lintas budaya. Lulusan program ini diharapkan mampu berkontribusi secara signifikan dalam dunia pendidikan, baik di lingkungan nasional maupun global.

Visi

Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, berbasis teknologi siber dan pembelajaran multisensori digital yang unggul dan berdaya saing internasional tahun 2034

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran akademik dan sertifikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Menyelenggarakan riset dan publikasi pembelajaran Bahasa Inggris dalam area teknologi siber berbasis interdisciplinary digital multisensory learning yang diperkaya dengan kearifan lokal dan kompetensi global.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara kolaboratif, integratif, dan inovatif untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dan kehidupan keberagamaan yang moderat

Menyelenggarakan kerjasama tridarma perguruan tinggi dengan lembaga mitra dalam dan luar negeri untuk pengembangan kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan untuk memberikan pelayanan prima yang mampu beradaptasi dan bersinergi dengan lingkungan secara berkelanjutan.

Tujuan

Terwujudnya kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris yang bermutu berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya penelitian yang bermutu dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya kerjasama tridarma perguruan tinggi dengan lembaga mitra dalam dan luar negeri untuk pengembangan kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya tata kelola akademik yang bermutu dalam penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris sesuai standar kurikulum level KKNI berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Bahasa Arab 3 SKS
Bahasa Indonesia 2 SKS
Cirebon Studies 2 SKS
English for Classroom Interaction 2 SKS
English Language Literacy for Daily Communication 3 SKS
English Language Oracy for Daily Communication 3 SKS
Exploring Prescriptive English Grammar 2 SKS
Introduction to Linguistics 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 1 0 SKS
Pendidikan Kewarganegaraan 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 1 0 SKS
Studi Al Quran 2 SKS

Applied Linguistics for English Teacher 3 SKS
Bahasa Inggris 3 SKS
English Language Literacy for Academic Purposes 3 SKS
English Language Oracy for Academic Purposes 3 SKS
Filsafat Ilmu 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 2 0 SKS
Pancasila 2 SKS
Pendidikan Multikultural 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 2 0 SKS
Sociolinguistics for Language Teachers 2 SKS
Studi Hadits 2 SKS

Creative Writing 2 SKS
English For Business 2 SKS
English Phonology 2 SKS
Exploring Descriptive English Grammar 2 SKS
Filsafat Pendidikan Islam 2 SKS
Ilmu Pendidikan Islam 2 SKS
Metodologi Studi Islam 3 SKS
Praktik Ibadah 1 0 SKS
Public Speaking 3 SKS
Second Language Acquistion 2 SKS
Theory and Practice of English Translation 3 SKS

Cyber Culture 2 SKS
English for Young Learners 2 SKS
English Language Teaching Media 2 SKS
English Morphology and Syntax 3 SKS
English Proficiency Test 2 SKS
Etika Profesi Keguruan 2 SKS
Intercultural Understanding 2 SKS
Introduction to Literature 2 SKS
Praktik Ibadah 2 0 SKS
Ushul al Tarbiyah 2 SKS
Writing for Scientific Publication 3 SKS

Digital Content Creation for English Teachers 2 SKS
Digital ELT Material Development 3 SKS
ELT Research and Innovation 2 SKS
English Lesson Planning 2 SKS
English Semantics & Pragmatics 3 SKS
Principles in English Language Teaching 3 SKS
Psycholinguistics 2 SKS
Second Language Research Methodology 3 SKS
Statistics in Second Language Research 2 SKS
Transformative Pedagogy 2 SKS

Curriculum Analysis and Development 2 SKS
Data Collection and Analysis in SL Research 3 SKS
Digital Learning Module 2 SKS
Hybrid ELT Research Project 2 SKS
Innovation in ELT Assessment 3 SKS
KKN 3 SKS
Literature for English Language Teaching 2 SKS
Micro Teaching 2 SKS
TEFL in Indonesia 3 SKS
TELL 2 SKS

Artificial Intelligence for ELT Teachers 2 SKS
Discourse Analysis for English Teacher 2 SKS
ELT Research and Academic Publication 2 SKS
Innovations in Contemporary ELT 2 SKS
PLP 4 SKS
Research Proposal Seminar 3 SKS

Skripsi 6 SKS
Profil Lulusan
Profil utama lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris adalah sebagai pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK), peneliti, dan pengembang bahan ajar Bahasa Inggris yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  1. Pendidik/Guru Bahasa Inggris
    Menjadi pendidik/guru bahasa Inggris yang profesional pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang menguasai materi Bahasa Inggris dengan baik dan mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan bahasa, serta mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan pendidikan bahasa Inggris dan pembelajarannya
  2. Asisten Peneliti Pendidikan
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris yang berintegritas dan mampu menganalisis fenomena dalam pendidikan bahasa dan kebahasaan serta mampu melaporkan hasil penelitiannya dalam bentuk laporan ilmiah.
  3. Pengembangan Bahan Ajar
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Terakreditasi
Baik Sekali
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
S.Pd. (Sarjana Pendidikan)
Masa Studi
4 Tahun (8 Semester)
Jumlah SKS
144
Pimpinan Prodi:
Ketua
Dra. Hj. Amroh Umaemah, M.Pd.
Sekretaris
Hendi Hidayat, M.Pd.