Program Studi Tadris Matematika dirancang untuk mencetak pendidik matematika yang kompeten dan inovatif. Mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep matematika, seperti geometri, statistika, dan kalkulus, dengan pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Selain itu, kurikulum juga menekankan penguasaan teknologi pembelajaran dan pengembangan metode pengajaran yang kreatif dan adaptif.

Visi

Mengembangkan ilmu pendidikan matematika bertaraf internasional yang berorientasi siber dan kearifan lokal

Misi
  1. Mengintegrasikan teknologi digital dan Internet of Things (IoT) dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, inovatif, dan berbasis teknologi, sejalan dengan perkembangan pendidikan di era 4.0.
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan berstandar internasional, dengan fokus pada pengembangan kurikulum matematika serta implementasi teknologi dalam pembelajaran, dan memastikan kebermanfaatan hasil riset untuk masyarakat global. Selain itu, mempublikasikan hasil riset di jurnal terindeks internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada penerapan ilmu pendidikan matematika berbasis teknologi digital, moderasi beragama, dan kearifan lokal untuk membantu masyarakat meningkatkan literasi matematika dan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, riset, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mendukung kegiatan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat), serta mendorong pencapaian akreditasi internasional secara berkelanjutan
Tujuan
  1. Terwujudnya lingkungan pembelajaran matematika yang interaktif, inovatif, dan berbasis teknologi melalui integrasi teknologi digital dan Internet of Things (IoT), sehingga mampu menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Matematika.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang berstandar internasional, khususnya dalam pengembangan kurikulum matematika dan implementasi teknologi dalam pembelajaran, serta memastikan hasil riset dapat dipublikasikan di jurnal terindeks internasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat global.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pendidikan matematika berbasis teknologi digital, moderasi beragama, dan kearifan lokal, guna meningkatkan literasi matematika dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari.
  4. Memperluas jaringan kerjasama dengan lembaga pendidikan, riset, dan industri, baik nasional maupun internasional, untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) serta mendorong pencapaian dan pemeliharaan akreditasi internasional secara berkelanjutan.

Bahasa Indonesia 2 SKS
Himpunan dan Logika Matematika 3 SKS
Ilmu Pendidikan Islam 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 1 0 SKS
Kalkulus Diferensial 3 SKS
Konsep Dasar Matematika 2 SKS
Pancasila 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 1 0 SKS
Studi Al-Quran 2 SKS
Teori Belajar Matematika 2 SKS
Teori Bilangan 2 SKS

Bahasa Arab 3 SKS
Cyber Culture 2 SKS
Geometri Bidang Datar 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 2 0 SKS
Kalkulus Integral 3 SKS
Metodologi Studi Islam 3 SKS
Pendidikan Kewarganegaraan 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 2 0 SKS
Psikologi Belajar Matematika 3 SKS
Ushul al-Tarbiyah 2 SKS

Aljabar Linear 3 SKS
Bahasa Inggris 3 SKS
Geometri Ruang 3 SKS
Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar 2 SKS
Model Pembelajaran Matematika 2 SKS
Pemrograman Komputer 2 SKS
Persamaan Diferensial 3 SKS
Praktik Ibadah 1 0 SKS
Statistika Deskriptif 3 SKS
Studi Hadist 2 SKS

Analisis Real 3 SKS
Aplikasi Komputer dalam Matematika 3 SKS
Cirebon Studies 2 SKS
Filsafat Ilmu 2 SKS
Kapita Selekta Matematika Pendidikan Menengah 2 SKS
Matematika Terapan 3 SKS
Media Pembelajaran Matematika 2 SKS
Metode Numerik 2 SKS
Praktik Ibadah 2 0 SKS
Program Linear 3 SKS
Statistika Inferensia 3 SKS
Telaah Kurikulum Matematika Sekolah 2 SKS

Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Matematika 3 SKS
Filsafat Pendidikan Islam 2 SKS
Geometri Transformasi 2 SKS
Kajian Pembelajaran Matematika Modern 2 SKS
Literasi dalam matematika 2 SKS
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika 3 SKS
Multimedia Pembelajaran Matematika 2 SKS
Pembelajaran Matematika Adaptif 2 SKS
Problematika Pembelajaran Matematika 2 SKS
Statistika Matematika 3 SKS
Struktur Aljabar 3 SKS
Teori Peluang 2 SKS

Asesmen HOTS Matematika berorientasi Digital 2 SKS
Etika Profesi Keguruan 2 SKS
Etnomatematika 2 SKS
Fungsi Kompleks 2 SKS
Kemampuan Matematis 2 SKS
Kewirausahaan dalam Pendidikan Matematika 3 SKS
Matematika Diskrit 2 SKS
Micro Teaching 2 SKS
Pendidikan Multikultural 2 SKS
Penelitian Literatur Pendidikan Matematika 2 SKS
Pengembangan Bahan Ajar Matematika 3 SKS
Perencanaan Pembelajaran Matematika 2 SKS
Proyek Inovasi Siber Pembelajaran Matematika 3 SKS
Seminar Kajian Pendidikan Matematika 2 SKS

Kuliah Kerja Nyata 3 SKS
PLP (Magang) 4 SKS
Skripsi 6 SKS
Profil Lulusan
  1. Pendidik Matematika
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Matematika pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  2. Asisten Peneliti pendidikan Matematika
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai peneliti pemula dalam bidang pendidikan Matematika yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  3. Intruksional Designer bidang Pendidikan Matematika
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kompetensi dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan ajar, media pembelajaran, serta sistem pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan Matematika pada tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  4. Edupreneur
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan dalam menggunakan ilmu pengetahuan pendidikan matematika atau matematika untuk mengembangkan kewirausahaan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Terakreditasi
Baik Sekali
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
S.Pd. (Sarjana Pendidikan)
Masa Studi
4 Tahun (8 Semester)
Jumlah SKS
144
Pimpinan Prodi:
Ketua
Arif Abdul Haq, S.Si., M.Pd
Sekretaris
Hj. Indah Nursuprianah, M.Si.